Site Network: Personal | My Company | Artist projects | Shop

 

senyum itu baik



lamalera

sudah lama kami tak jumpa. 4 tahun lalu terakhir saya menginjakan kaki di lamalera, djibrail tetap saja sahabat saya yang dulu, murah senyum dan kulit hitamnya yang kilap nyaris tak berubah, seolah usia tak doyan memakannya.
sekarang baru april, namun aroma perburuan sudah nampak disana sini. pledang sudah mulai disiapkan, tombak sudah terasah tajam. siap mengakhiri nyawa paus kotaklema di perlintasan selat ombai. 4 tahun lalu di bulan mei, disini saya merasakan bau amis daging kotaklema yang dijemur di atas atap hampir semua rumah di lamalera. dari atapnya pancuran minyak lemak paus yang mencair berpendaran karena matahari pada puncak teriknya, kilaunya memukau.


sekarang baru april, djibrail mengingatkan, masih bulan depan perburuan dimulai.
sengaja saya datang bulan april, pengalaman melihat paus kotaklema yang menggelepar sekarat dengan darah yang memerahi laut bukan hal yang indah buat saya. cukup sekali, saya tidak suka melihat kematian.
dendeng ikan paus, kulit yang dikeringkan, dan beberapa potong gigi paus ada di tas ketika saya berpamitan. ini pesananmu 4 tahun lalu, kata djibrail, sudah 4 tahun ini kusimpan di lemariku, aku yakin kamu datang lagi kemari.
selat ombai sudah mulai reda gelombangnya, matahari mulai tenggelam. senja yang merah. seperti darah kotaklema yang bulan depan siap ditumpahkan. selat ombai itu, saksi sejarah perburuan sepanjang masa. kotaklema menjalani takdirnya.


*lamalera = sebuah kampung di pulau lembata
*paus kotaklema = sperm whale (physeter macrocephalus), panjangnya mencapai 15 meter dengan bobot 40 ton.
*pledang = perahu kecil bercadik yang biasa dipakai berburu paus kotaklema.

posted by wonka @ 1:02 PM,

3 Comments:

At Jumat, April 13, 2007 6:19:00 AM, Blogger Rich said...

Hmmm... dendeng ikan paus?

 
At Minggu, April 15, 2007 7:03:00 AM, Blogger mel@ said...

wah... aku tetep ga jadi mesen pausnya de kak...
tapi teteppp minta oleh-oleh lobsterrrrnya... lobsterrrr...
awassss :D

 
At Rabu, April 18, 2007 11:49:00 PM, Blogger Mamah Ani said...

waaah...jalan jalan wae yeuh...
oleh oleh paus ??? oh tidaaaaak....
oleh oleh dongeng aja deh, tentang alamnya, tentang orang orang dan kesehariannya, dll dlsb
mau kamana lagi niiiih

 

Posting Komentar

<< Home