Site Network: Personal | My Company | Artist projects | Shop

 

senyum itu baik



ahmadinejad

saat ahmadinejad terpilih menjadi presiden iran. seorang teman di teheran mengirimkan email, ia menyebut kemenangan tersebut sebagai mimpi buruk untuk kebebasan.

tak lama berselang ahmadinejad menampilkan dirinya sebagai protagonis yang berani menentang tirani amerika. pamornya kinclong di mata para penentang amerika. citra sederhananya seakan dicipta untuk merebut simpati negara-negara tempat bermukim kaum papa. ia berhasil, kita bisa melihat ribuan orang mengelu-elukannya saat ia berkunjung ke jakarta.

popularitas di luar negeri tersebut ternyata tidak berbanding lurus dengan apa yang dilakukan untuk negerinya. ia memang bukan negarawan yang cakap untuk mensejahterakan rakyat iran. program-program ekonomi yang mencorong saat khatami berkuasa nyaris sekarat dibuatnya, tim ekonomi yang direkrutnya seolah yang penting teokrat yang konservatif sesuai fahamnya, tetapi keahliannya gagal total. pun demikian dengan strategi kebudayaannya, pers yang berangsur bebas pada masa khatami diberangus, perempuan kembali dirumahkan, aksesnya pada pendidikan tinggi dibatasi. agenda-agenda kebudayaan dihancurkan. kebijakannya bukan hanya bertolak belakang dengan apa yang membuat iran maju dan beradab di masa khatami, semakin hari ahmadinejad semakin memamerkan kebebalannya.

sementara ekonomi iran makin buruk dibuatnya, ia sibuk dengan kampanye nuklirnya. demikian isi email terbaru dari teman saya di teheran itu.

kemarin indonesia mendukung resolusi sanksi untuk iran. dukungan yang sungguh absurd. seperti buah simalakama. jika mendukung resolusi, artinya citra mengekor amerika didapat. jika menolak resolusi, tentu saja indonesia nampak mendukung pemimpin bebal seperti ahmadinejad. diplomasi memang seringkali menempatkan kita pada wilayah absurd, hingga kita terpaksa mengambil langkah yang terlihat bodoh.

* coba baca “dialog peradaban” karya mohammad khatami.

posted by wonka @ 2:47 PM,

19 Comments:

At Minggu, Mei 13, 2007 6:10:00 PM, Anonymous Anonim said...

Ahmadinejad....
Ekonomi, Budaya, dan sebagainya yang ditulis teman Anda dan disinyalir merosot merupakan hal yang biasa. Namun, Ahmadinejad mempunyai nilai plus, sudah saatnya kita berdiri sendiri, Amerika tetaplah Amerika, Iran tetaplah Iran, dan Indonesia tetaplah Indonesia. Seharusnya seperti itu.
Hidup Ahmadinejd...

 
At Kamis, Juni 28, 2007 7:25:00 AM, Anonymous Anonim said...

Ahmadinejad di mata saya.... adalah sosok pemimpin reigius yang seharusnya patut di contoh oleh pemimpin-pemimpin di bangsa kita yang sarat dengan KKN . Menurut saya sebagus apapun pengelolaan ekonomi sebuah negara apabila diikuti oleh KKN yang mulai dianggap "biasa" apalah gunanya ? Saya sangat mendukung gebrakan ahmadinejad terhadap Amerika dan negara barat yang memuja-muja negara adidaya mereka . Semoga suatu saat kelak Indonesia memiliki pemimpin saperti ahmadinejad . Hidup Iran ! Hidup Ahmadinejad ! Binasakan Amerika ! Hancurkan kekuasaan Bush !!!

 
At Kamis, Juli 26, 2007 10:32:00 AM, Anonymous Anonim said...

udah biasa...
setiap ada orang yang sukses pasti banyak yang iri dan mencari-cari keburukannnya sebagai bukti iri tersebut...
sy yakin orang yang menulis di bolg ini tampaknya tidak senang dengan keberanian dinejad karena ia pendukung amerika SANG TERORIS...
UDA DEH TERIMA AJA KALU SEKARANG DAH MUNCUL PEMBERANI SEPERTI AHMADINEJAD
emang si ga da yang sempurna kecuali NABI MUHAMMAD SAW...
HIDUP AHMADINEJAD...
HANCURKAN AROGANSI AMERIKA..
dan buat lo2 pendukung BUSH...
GO TE THE HELL!!!!

 
At Selasa, Agustus 14, 2007 4:48:00 PM, Anonymous Anonim said...

udah de lu tu cuman sampah yg ngedukung amerika keparat...
lebih baek mati aja sama temen2 yahudi n amerika lu....
Hidup ahmadinejad.....

 
At Kamis, Agustus 23, 2007 6:26:00 AM, Anonymous Albert Hans Wenno said...

ingat sejarah bung, jangan terlalu terpukau ama orang2 barat. orang2 amerika tetep brengsek, kalo udah gak kepakai lo bisa dibuang ke tempat sampah. gak ada kemanusiaan, individualistis. udah berapa lama nenek moyang lo diperbudak, sekarang lo masih aja mau ditipu2. realistis aja bung indonesian is indonesian.
nuklir untuk iran!

 
At Rabu, September 26, 2007 5:28:00 PM, Blogger wonderwomen said...

Tak dapat dipungkiri pasti didunia ini stiaphal akan ada perbedaan...begitu pula dgn ahmadinejad....ada pro dan kontra...
meskipun saya kurang mengikuti perpolitikan di Iran tp sebagai seorang pemimpin dia cukup berwibawa dan sukses dimata rakyatnya bahkan banyak komentar ttg dirinya dr berbagai macam belahan dunia....
banyak orang yang salut dengan sikapnya selama ini....dan dia juga sudah menggerser citra islam yang kental dgn dunia teroris di negara barat.

 
At Sabtu, Januari 12, 2008 2:08:00 AM, Anonymous Anonim said...

Teman....
Sosok Ahmadinejadlah yang telah merubah saya. dari yang dulu suka hura-hura jadi berusaha untuk lebih sederhana.dari sombong menjadi untuk lebih merendahkan hati. Dari yang merasa diri modern terikut dengan tingkah polah barat yang bak racun, mengosongkan kesadaran tentang siapa kita sebenarnya.
terlepas dari semua itu....apa yang telah anda dan teman anda tulis itu saya rasa hanya sebuah rekaan dan khayalan untuk bisa menghapus kharisma sosok Presiden sederhana ini, tapi tak bisa.
tekhnologi informasi telah semakin maju, anda tidak bisa menyebarkan sesuatu yang tidak sesuai dengan fakta.
Kekaguman bangsa-bangsa didunia kepadanya bukan hanya karena kesederhanaannya, tapi karena betapa ia dicintai rakyatnya.
kalau rakyat merasa dirugikan, maka itu akan sangat jelas ditunjukkan dimedia-media, tapi tidak ada.
Kebebasan seperti apa yang anda inginkan, seperti Indonesia?
Tidakkah anda melihat kondisi Indonesia saat ini?
Saya sudah puas merasakan kebebasan. namun ternyata kebebasan seperti yang diterapkan didunia barat memang tidak cocok diterapakn ditempat kita ini.
jadi sadarlah.....

 
At Sabtu, Januari 12, 2008 2:09:00 AM, Anonymous atel said...

Teman....
Sosok Ahmadinejadlah yang telah merubah saya. dari yang dulu suka hura-hura jadi berusaha untuk lebih sederhana.dari sombong menjadi untuk lebih merendahkan hati. Dari yang merasa diri modern terikut dengan tingkah polah barat yang bak racun, mengosongkan kesadaran tentang siapa kita sebenarnya.
terlepas dari semua itu....apa yang telah anda dan teman anda tulis itu saya rasa hanya sebuah rekaan dan khayalan untuk bisa menghapus kharisma sosok Presiden sederhana ini, tapi tak bisa.
tekhnologi informasi telah semakin maju, anda tidak bisa menyebarkan sesuatu yang tidak sesuai dengan fakta.
Kekaguman bangsa-bangsa didunia kepadanya bukan hanya karena kesederhanaannya, tapi karena betapa ia dicintai rakyatnya.
kalau rakyat merasa dirugikan, maka itu akan sangat jelas ditunjukkan dimedia-media, tapi tidak ada.
Kebebasan seperti apa yang anda inginkan, seperti Indonesia?
Tidakkah anda melihat kondisi Indonesia saat ini?
Saya sudah puas merasakan kebebasan. namun ternyata kebebasan seperti yang diterapkan didunia barat memang tidak cocok diterapakn ditempat kita ini.
jadi sadarlah.....

 
At Rabu, Februari 13, 2008 4:06:00 PM, Blogger abe said...

salam sejahtera bagi anda.
teman anda siapa? apa latar belakangnya
benarkah dia orang iran sejati atau hanya segelintir orang yang hanya menginginkan kebebasan masa muda yang penuh dengan hura-hura atau foya-foya.
hai teman sadarlah bahwa kita hidup dalam dunia yang serba verbal jangan sampai hilang akal sehat anda, bukankah anda telah melihat sebelumnya bagaimana kebabasan diciptakan oleh hegemoni orang barat alih-alih untuk menanamkan demokrasi pada seluruh masyarakat dunia. tapi yang ada apa ketidak adilan, penindasan, dan ancaman yang terus dilakukan oleh pihak barat.
wahai temanku janganlah engkau mementingkan dirisendiri mulailah untuk bersatu, dan bersatulan dengan saudaramu jika memang saudaramu mengalami kesulitan jangan kau hina dan caci dia namun ULURKAN tanganmu dan saling membantulah kamu dengan saudaramu niscaya kau akan mendapat kebaikan dan kebaikan itupulalah yang akan membahagiakanmu bukan kebebasan yang merupakan kamuflase dari pengrusakan dan penghancuran yang didengungkan oleh pihak barat.
KAWAN kau warga negara IRAN presidentmu pemimpinmu bukan musuhmu dan yakinlah apa yang pikirkan dan diperbuatnya adalah yang terbaik bagi rakyatnya bersatulah maka kami yang ada di indonesia akan satu kata denganmu untuk saling membahu, bersama bekerja, berdo'a dan saling mendukung satu sama lain. Hidup IRAN HIDUP AHAMDINEJAD HIDUP INDONESIA HIDUP ISLAM HIDUP DUNIA BERSATULAH MELAWAN BANGSA AGRESOR

 
At Rabu, April 16, 2008 2:31:00 AM, Anonymous Anonim said...

Foya-foya aja sana, telan itu kebebasan tanpa batas... hidup Ahmadinejad

 
At Selasa, Mei 06, 2008 7:04:00 AM, Anonymous Anonim said...

ass.wr.wb.

Dari yang sya tangkap dari tulisan anda...

kenpa anda begitu benci ama beliau(ahmadinejad)?

memang didunia ini tidak ada yang sempurn

tapi menurut saya.........pemimpin terbaik dan memiliki budi pekerti yang sangay luhur didunia pad abad ke 20 ini adalh ahmad dinejad..

saya bnyak belajr dari beliau..tentng kesederhanaan..
kberaniaan menentang ketidakaadilan,dn berusha semaksiml munkin membahagiakan rakyt...

knpa anda tidak beljr dri beliau....sosok pemimpin yang dipilih 61% rkyatny,dipuja diduni,melawan yang bathil dan seorang yang sngt terhormat...tapi msih tetap sederhana,,,,

tolong jika anda memiliki pemimpin yng labih dri beliau..tunjukkkan pda say...

jika pola pikir anda msih cenderung kebarat...maka beruslah berfikir yng objektif.

apapun yng anda tulis tentng ahmaddinejad dan berusaha menurunkn kharisma beliu,,say rasa tidak akan berhasil...

jika pemimpin yang and ajukan adlh w buhs...pergilah anda untuk bertaubat....

hidup iran...hidup ahmadinejad dn hidup bangsa indonesia

 
At Kamis, Mei 29, 2008 7:12:00 AM, Anonymous Anonim said...

Ah.... bisa saja rekan anda di sana "berbeda keyakinan" dengan Ahmadinejad...dan se-obyektif manapenilaian rekan anda tersebut....salam bloggerhoor >:D<

 
At Selasa, Juni 03, 2008 11:54:00 AM, Anonymous Anonim said...

Mati aja luh dengan semua prasangka buruk luh

 
At Rabu, Juni 18, 2008 5:31:00 AM, Blogger ardyvanviesta said...

Ahmadinejad!

Dua Kata!

Pemimpin Teladan!!!!!!


Go Iran!!! Islam jangan mau ditindas!!!!!! Sikatttt Amerika!

 
At Minggu, Juni 22, 2008 5:51:00 PM, Blogger chi said...

hidup Ahmadinejad......
Pemimpin umat Islam.....
Pemuda Tuhan(IMAM MAHDI) telah muncul di Teheran..
ALLAHUAKBAR..

 
At Selasa, Juli 29, 2008 2:09:00 AM, Anonymous slam said...

Ya selalu ada pro dan kontra. Kita ambil yang baiknya saja

 
At Senin, September 08, 2008 2:38:00 PM, Anonymous JALANAN said...

PERSETAN DGN APA YANG KAU PETRJUANGKAN ANJINK...........!!!!!!

 
At Senin, September 08, 2008 2:42:00 PM, Anonymous JALANAN BERDEBU said...

MAAF SAYA GOLPUT'''' SEKALI LAGI MAAF LAKUKAN SAJA SELAGI TIDAK MENGGANGGU SAYA.... JGN SAMPAI BUAT SAYA MARAH........;.;.. OKE TEMAN... SELAMAT BERJUANG.... SAUDARAKU...

 
At Selasa, Juni 01, 2010 9:26:00 AM, Blogger santi said...

gw seneng banget sama profilenya ahmadinejad..sosok yg baik utk diteladanin di jaman skrg gitu loh, mana ada pemimpin spt beliau. soal freedom..kudu waspada sm kata2 freedom, itu semua hrs ada batasannya, jgn kayak dunia barat bablas..free sex dimana2,mo kumpul kebo juga OK..seolah2 dimata kita hal itu dibenarkan..ketika kita berbicara soal freedom..tentunya ada landasannya, dan batasannya,inget semua manusia itu sll pny kepentingan,dan egois.

balik lg ke ahmadinejad..hanya orang2 yg tidak bertanggung jwb saja nih yg bisa menuliskan komentar miring soal beliau..skrg kl dia terpilih sbg presiden iran,artinya rakyat iran memilih beliau,kenapa rakyat iran memilih beliau?pasti ada dong alasannya..pastinya sosok beliau begitu melekat di hati rakyat iran..so buka mata dan telinga, kita diberi hati dan pikiran utk melihat org yg baik dan gak baik...hidup ahmadinejad...

 

Posting Komentar

Links to this post:

Buat sebuah Link

<< Home