Site Network: Personal | My Company | Artist projects | Shop

 

senyum itu baik



warren harding error

lelaki gagah itu bernama warren gamaliel harding, perawakannya tinggi besar dengan dada bidang, kulit cerah kontras dengan rambut pekatnya yang gelap, matanya tajam seperti elang, suaranya menggelegar berwibawa. pendek kata, jangankan manusia, ayam dan kambing pun bisa mabuk kepayang dibuatnya. setidaknya itu kesan yang saya dapat dari beberapa buku yang mengupas biografi warren harding, presiden amerika dari partai republik tahun 1921-1923.
berlawanan dengan tampilan fisiknya, warren harding ternyata seorang peragu, keputusannya plin plan, dan beberapa kali menganulir kebijakan yang dibuatnya sendiri. celakanya, saat itu amerika sedang mengalami depresi ekonomi yang akut.
semua kesan gagah itu tercipta dan dipersiapkan sejak warren harding muda, editor sebuah koran kecil di ohio ini “ditemukan” harry dougherty, machiavelli politik ohio yang kondang itu. ia sukses merancang kesan hebat dalam setiap tahap kampanye politik harding. sejak menjadi senator hingga menjadi orang nomor satu di amerika. kegantengannya membuat para pemilih amerika mengabaikan franklin d. roosevelt, kompetitornya dari demokrat saat itu.
namun kepresidenan harding tak bertahan lama, hanya dua tahun memimpin, ia meninggal karena stroke. sejarah amerika mengenang si ganteng ini sebagai presiden terburuk sepanjang masa.

membaca ulang harding mengingatkan saya pada negeri sendiri. kok hampir sama ya dengan presiden ganteng yang sekarang kita punya.

posted by wonka @ 2:59 AM,

1 Comments:

At Rabu, Maret 21, 2007 12:27:00 PM, Blogger Mamah Ani said...

bukan negeri sendiri atuh....negeri tetangga kali, republik mimpi ...hehehehe
si gantengnya pusing, terlalu banyak yang harus dibersihkan setelah pesta besar, sementara sapu , lap, alat pembersih lainnya juga kotor, trus masih ada yang seneng pesta...begitu kali ya...

 

Posting Komentar

Links to this post:

Buat sebuah Link

<< Home