Site Network: Personal | My Company | Artist projects | Shop

 

senyum itu baik



berhala statistik

suatu ketika, stalin berkata : "kematian satu orang adalah peristiwa, kematian banyak orang adalah statistik belaka."

kemarin, lembaga survey yang cukup bergengsi di negeri kita mengumumkan hasil risetnya. angka-angka persentase kepuasan masyarakat atas rezim yang sedang berkuasa. ada yang tidak puas, ada yang puas. angka statistik menunjukan lebih banyak yang puas. karenanya, berdasarkan angka-angka itu, telah nampak indikator keberhasilan rezim ini. kira-kira begitu logikanya.

beberapa bulan sebelumnya, rezim yang sama mengumumkan angka statistik kemiskinan di negeri kita. muncul-muncul angka-angka yang meningkat signifikan. oleh karenanya, berdasarkan logika angka-angka, ia menganggap pemerintahannya berhasil memakmurkan indonesia.

manusia, tentu saja lebih mulia dari angka-angka. namun kerapkali ia hanya diperlakukan sebagai angka-angka. yang tentu saja tidak bernyawa.

posted by wonka @ 8:51 AM,

3 Comments:

At Selasa, Oktober 17, 2006 8:53:00 AM, Blogger Ryane said...

hmmm.. ada yang bilang, angka statistik itu tidak akurat, harus ditambah sekian persen (untuk yang menjawab karena tekanan atau karena suka-suka).
Namun buat saya meski ditambahkan pun, yah tetap saja tidak akurat (walaupun yg merisetnya lembaga survey bergengsi).. Apa ada yang akurat di Indonesia ini? semua "kira-kira" saja koq :)

 
At Rabu, Oktober 18, 2006 1:53:00 PM, Blogger brajadenta said...

angka2 itu mungkin ga akurat tapi minimal bisa dapet gambaran untuk langkah berikutnya.
yang akurat adalah bertanya pada diri kita sendiri, apakah selama ini kita udah puas?

 
At Jumat, Oktober 20, 2006 4:49:00 PM, Anonymous rizkapb said...

jangankan lembaga riset sudah bergengsi... timbang angka statistik untuk skripsi aja, kebanyakan mahasiswa yang penelitiannya kuantitatif, pasti ngutak-ngatik angkanya (sesuai keinginan...

 

Posting Komentar

Links to this post:

Buat sebuah Link

<< Home