Site Network: Personal | My Company | Artist projects | Shop

 

senyum itu baik



kejahatan dan kekerasan

menjelang puasa tahun 2004.

sudah sejak lama jalan itu selalu ramai di malam hari. keramaian yang biasa. remang-remang karena lampu redup warna warni. ramai oleh celoteh tak jelas berbau arak dan perempuan berbaju mini berlalu lalang. seolah tanpa koma, jalan itu tak pernah mati.

malam itu lain dari biasanya, gerombolan berjubah putih membuat malam semakin ramai. bukan oleh meriahnya pesta, tetapi lintang pukang orang berlarian. ramai oleh suara beling pecah, kaca-kaca yang berderaian. ada teriakan menyebut keagungan tuhan, ada teriakan minta ampunan, ada teriakan perempuan-perempuan yang tak tahu harus berbuat apa selain berteriak putus asa. kemanusiaannya telah dinistakan.

anda pasti sering menyaksikan kejadian sejenis di televisi. ritual rutin menjelang puasa. tentu saja untuk pelakunya ini tujuan mulia. kenistaan harus dihancurkan dengan kekerasan atas nama tuhan.kekerasan!

malam sudah lewat puncaknya. seperti biasa hanya lewat di jalan itu tanpa berpaling. sebentar lagi semuanya akan kembali berjalan seperti biasa. lalu semuanya akan berulang. berulang. berulang. sampai akhir zaman.

kejahatan tak akan punah oleh kekerasan. karena kekerasan adalah kejahatan itu sendiri.

posted by wonka @ 1:56 PM,

0 Comments:

Posting Komentar

Links to this post:

Buat sebuah Link

<< Home