Site Network: Personal | My Company | Artist projects | Shop

 

senyum itu baik



legenda shangri la


tentu anda sudah sering mendengar kata "shangri la". di beberapa kota besar di dunia kata itu identik dengan nama sebuah hotel berbintang yang mewah. dibalik kata itu, terbentang luas legenda yang telah ribuan tahun usianya.

di dunia barat, shangri la pertama kali dipopulerkan oleh james hilton, pengarang inggris dalam novelnya the lost horizon. shangri la dalam novel itu digambarkan sebagai lembah sunyi yang mistis, di lereng barat himalaya. sebuah taman surga impian yang tidak kelihatan oleh mata biasa.

mitos shangri la sendiri didasarkan pada konsep shambala dalam tradisi budha tibet, yang berarti kota tempat orang-orang suci berada.

legenda taman surga ini menarik banyak sekali orang untuk membuktikannya. berbagai ekspedisi digelar untuk membuktikan keberadaannya. termasuk pemerintah nazi pun ingin mendapat shangri la itu. ekspedisi yang paling terkenal bahkan pernah difilmkan, seven years in tibet yang dibintangi oleh brad pitt. bercerita tentang perjalanan heinrich harrer dan peter aufschnaiter, anggora pasukan SS yang diutus untuk menemukannya. sebelum bergabung dengan nazi, keduanya adalah ilmuwan. belakangan, setelah perjalanan ke tibet mereka menyadari bahwa bergabung dengan nazi adalah kesalahan yang bodoh.

tahun-tahun belakangan, kita bisa menemukan shangri la kembali dalam novel james redfield. celestine prophecy, secret of shambala.

posted by wonka @ 9:41 AM,

2 Comments:

At Kamis, September 28, 2006 5:40:00 AM, Anonymous gaussac said...

saya paling seneng cerita fiksi seperti ini. membuat imajinasi ngga pernah habis-habis...hehe..

 
At Kamis, September 28, 2006 11:11:00 AM, Anonymous eve said...

Saya juga. In fact saya mempunyai obsesi tinggal di dunia seperti itu. *melototin pic-nya*

 

Posting Komentar

Links to this post:

Buat sebuah Link

<< Home