Site Network: Personal | My Company | Artist projects | Shop

 

senyum itu baik



alex haley

Sekedar mengingatkan, sodara-sodari tentu saja mengenal dengan baik Malcolm X, tokoh perjuangan hak kulit hitam amerika yang legendaris itu. Ia menjadi inspirasi buat kaum afro-american pada masanya, bahkan melampaui batas wilayah geografisnya, ia menjadi inspirasi bagi banyak sekali orang di dunia ini.
Popularitas Malcolm X yang mendunia itu, tentu tidak akan sedahsyat itu jika Alex Haley tidak menulis autobiografinya, hasil deep interview yang sejatinya buat majalah Playboy itu menjadi buku Autobiografi yang paling memukau, inspirasi yang jernih buat kemanusiaan. Berdasarkan buku ini pula Spike Lee membuat film Malcolm X yang dibintangi aktor hebat Denzel Washington.
Selain Malcolm X, Alex Haley juga menghasilkan novel berjudul Roots, pada tahun 1976 yang mengganjarnya dengan Pulitzer Prize dan telah diterjemahkan pada lebih 37 bahasa di seluruh dunia. Novel ini dibuat miniserinya pada tahun 1977, yang memukau jutaan orang pemirsa televisi.
Novelnya yang terakhir A Different Kind of Christmas tidak kalah bagusnya, ia bercerita tentang underground railroad, tahun 1988. Alex Haley meninggal, pada 10 Februari 1992.

Hari ini, 11 Agustus 1921 ia dilahirkan. Kita patut mengenangnya…

posted by wonka @ 3:15 AM,

1 Comments:

At Senin, September 04, 2006 9:12:00 PM, Blogger A Decent Man said...

sudah pernah baca Roots belum?

 

Posting Komentar

Links to this post:

Buat sebuah Link

<< Home