Site Network: Personal | My Company | Artist projects | Shop

 

senyum itu baik



schweik lagi

untuk waktu yang cukup lama, saya sempat kena "virus" schweik, setelah baca novel itu
pertama kali 10 tahun lalu...nonton filmnya, dan berburu merchandise nya.
buat saya, jaroslav hasek berhasil menciptakan tokoh yang "amazing", kreatif, dan inspiratif pada masanya, tak salah di ceko hingga kini tokoh schweik masih dijadikan simbol jatidiri "ke-ceko-an" seseorang...tegar menghadapi rintangan.

belakangan saya temukan tokoh sejenis dalam "life is beautiful" yang diperankan roberto benigni, tetap memandang dengan indah dunia ini bagaimanapun adanya...

husnudzan billah, begitu kira2 jika dicari doktrin padanan yang sama dalam tradisi sufisme islam.
tentang film schweik, setahu saya ada beberapa film layer lebar dan televisi yang udah dibikin.
di russia, tahun 1926 pernah dibikin filmnya oleh svatopluk inneman dan karol noll, tahun yang sama carl lamac bikin di ceko.
taun 1927 gustav machaty bikin juga filmnya, "schweik in civillian life". tahun 1931, martin fric bikin juga "film good soldier schweik". itu semua film ceko.

di uni sovyet, tahun 1942 sergei yutkevich bikin film "schweik is getting ready for the fight". tahun 1943, dia bikin sequelnya, judulnya "new adventures of schweik".

di inggris, tahun 1943 dibikin film "schweik’s new adventures" yang di kemudian hari dikenal sebagai film "it started at midnight", sutradaranya karel lamac, di film ini juga debut aktor legendaries richard attenborough.

di romania, ada juga film schweik. tahun 1953, geo saizescu bikin film "the adventure of the good soldier schweik".

di jerman barat, ada film seri tv yang laris banget di jamannya, tahun 1958, judulnya "die abenteuer des braven soldaten schwejk". tahun 1960 dibikin film layar lebar "der brave soldat schwejk", film ini diterjemahkan ke bahasa inggris dan diedarkan di amerika tahun 1963, sutradarnya axel von ambesser. pemeran utamanya heinz ruhman dapet silver globa gara-gara film ini.

di austria, tahun 1963 dibikin film "schwejk’s flegeljahre", sutradaranya wolfgang liebeniner, tahun 1972 dia juga bikin film seri televisinya, judulnya "die abenteuer des braven soldaten schweik", sama kayak bikinan tahun 1958 yang diputer di jerman barat.

di belgia, anton peters bikin film tv, judulnya "de avonturen van de brave soldaat schwejk", tahun 1968.

tahun 1983, di gibraltar ada film judulnya "faces of the good soldier josef svejk".

di polandia, tahun 1995 ada film..hehe, judulnya aslinya pake bahasa poland, susah euy, in english nya “the tale of josef svejk and his way to war front"..panjang banget judulnya, sutradaranya wlodzimierz gawronski film ini sampe dibikin 3 sequel film seri tahun 1995. 1996 dan tahun 1999.
di amerika, kalo ga salah ada film bikinannya robert altman, judulnya good soldier shweik.

begitulah tokoh schweik yang saya kagumi, dan bagaimana cara orang di dunia ini mengapresiasinya...

posted by wonka @ 6:16 AM,

1 Comments:

At Senin, Februari 08, 2010 7:48:00 AM, Anonymous zamie said...

salam kenal bro, kamu benar! prajurit schweik novel yang bagus yang menyindir, kocak, dsb...gue baca ni buku sampai ketawa sendiri, malah gue dituduh gila ama teman gue...sumpah gue bilang; ni buku masterpiece!

 

Posting Komentar

Links to this post:

Buat sebuah Link

<< Home