Site Network: Personal | My Company | Artist projects | Shop

 

senyum itu baik



kunjungi sebelum mati

ada yang mengatakan, kematian adalah fase lain dari kehidupan. konsep mati hanya dipakai dalam hidup yang kini. hidup yang kini mungkin adalah mati untuk hidup yang kemarin. dan hidup yang esok adalah mati bagi hidup yang lusa.

".......atau jangan-jangan hidup kita ini hanyalah mimpi dari hidup yang lain", demikian saya pernah temukan dalam i ching.

lebih ekstrim lagi, jangan-jangan hidup kita hanyalah bagian dari mimpi orang lain. ketika orang yang bermimpi itu bangun, maka berakhirlah hidup kita. tragis buat yang hidup dalam mimpi indah, dan akhir penderitaan buat yang hidup dalam mimpi buruk.

tentu saja semua itu bukan urusan saya, hidup yang indah ini tak perlu konsep rumit untuk mendefinisikan. saya tidak terlalu suka dengan kategori-kategori eksistensialis yang suka bikin rumit sesuatu yang sebetulnya sederhana. perdebatan-perdebatan filosofis yang katanya bermutu tinggi jika tingkat perdebatannya semakin sulit dimengerti. uh, jika dimengerti pun sulit bagaimana bisa mudah dimanfaatkan.

sederhana saja yang terlintas di benak saya malam ini.

saya sedang menulis 1000 tempat yang ingin sekali saya kunjungi sebelum mati.
saya sudah mencatatnya dengan baik, satu per satu mulai saya coreti sebagai tanda pernah saya kunjungi.
sampai hari ini ternyata sisanya masih buanyak sekali.

bagaimana dengan anda?

posted by wonka @ 6:22 PM,

0 Comments:

Posting Komentar

<< Home