Site Network: Personal | My Company | Artist projects | Shop

 

senyum itu baik



hardware dan software manusia

lewat di depan rumah, si tua lusuh yang suka memaki.
umurnya nyaris 70, setidaknya terlihat dari raut muka yang keriput. badannya kering kerontang seperti kemarau. rambutnya gimbal tertutup kotoran, dan tentu saja bau tak sedap keluar dari tubuhnya yang dipandang saja tak sedap. ia pasti tak ingat sudah berapa tahun tak mandi. selalu meracau, jangankan saya, mungkin ia sendiri tak mengerti apa yang diracaunya. namanya saja orang gila.

melihat orang itu saya kagum dengan struktur tubuh manusia. jika kita mengandaikannya dengan mesin, tentu saja merupakan mesin nomor satu yang kuat sekali. coba pikir, orang tua yang gila itu pasti tak pernah merawat tubuhnya, dan tentu saja tidak pernah peduli dengan asupan gizi pada santapannya. namun orang itu tetap bertahan hidup. tahan terhadap perubahan udara, kepanasan kehujanan, gigitan nyamuk, dan hatinya tak mempan oleh kabar buruk.

manusia seperti hardware komputer yang paling canggih, itu kesimpulan saya ketika mengamati orang tua gila itu. hardware terbaik yang bisa diinstall dengan software apa saja. hardware yang punya kehendak bebas untuk memilih software apa yang akan diinstalkan ke dalam dirinya.
namun, manusia sering lupa menyadari, bahwa meski semua software dapat diinstall ke dalam dirinya. tidak semua software kompatibel jika diinstall pada saat bersamaan. seperti anti-virus yang diinstall ke dalam hardware dalam jumlah yang banyak, bukannya bisa mengusir virus malahan menjadi "virus" yang baru. tentu saja jangan lupa, software yang telah diinstall jangan lupa di update, biar tidak ketinggalan jaman, dan membuat hardware yang bagus menjadi usang.

seperti orang tua gila tadi, di masa sadarnya mungkin ia pernah lupa mengupdate software, atau menginstall software yang tidak saling kompatibel beramai-ramai. hasilnya, softwarenya menjadi error, dan hardware yang bagus menjadi mubazir, lalu diloakkan.

namanya juga hardware loakan, tentu saja chasingnya sudah tidak sedap dipandang.

bagaimana dengan anda?

mungkin saja hardware anda bagus dan chasingnya cantik, tapi softwarenya butut. core2duo pun menjadi mubazir jika hanya untuk mengetik saja.

posted by wonka @ 2:40 PM,

2 Comments:

At Rabu, Juli 18, 2007 6:50:00 PM, Blogger Mamah Ani said...

ini postingan bagus banget...memang, Allah sudah menjadikan hardware yang jempolan...tapi koq ya suka jadi nggak manfaat begitu ya, perlu banyak introspeksi, belajar, belajar dan belajar apa ya yang salah.......
tentang orang gila....si mamah juga suka "banyak belajar" dari orang gila...ternyata, ketahanan fisik manusia itu amat sangat luar biasa, telanjang bulat siang malam nggak mandi , makan dari sampah, bisa jalan berkilo kilometer perhari, tetap gagah perkasa dan riang gembira,baterenya nggak ada matinya....lha, kalau "waras", malah segala takut, jadi letoy, gampang sakit, nggak kuat jalan, nggak tahan cuaca....salah install???...hehehehe...

 
At Selasa, Juli 24, 2007 4:30:00 PM, Blogger NiLA Obsidian said...

ciptaan Allah emang ga ada yg ngalalhin...ternyata
maintenance nya kan tergantung manusianya juga.....

pakein anti virus, sering2 di update, jgn pake software palsu, rajin2 di defrag....

cara pemakaiannya juga ga boleh jorok....

see???

lagi2 ulah manusia juga kan yg bikin nge hang dan malah ga bs dipake sama sekali....

damang jang?
aya dimana ieu?
kumaha kukutan teh?

 

Posting Komentar

Links to this post:

Buat sebuah Link

<< Home