Site Network: Personal | My Company | Artist projects | Shop

 

senyum itu baik



nama yang punah

kemarin dapat sms dari teman sekolah sd di kampung, begini bunyi nya :

"telah lahir anak kami, muhammad anthony jonathan, semoga menjadi orang berguna bagi nusa, bangsa, dan agama"

demikian teman saya yang asli sunda itu memberi nama buat anak keduanya. saya ga ngerti apa arti dari nama itu. sang ayah bernama "karlan" dan sang ibu bernama "nengsih". entah apa yang ada di benak mereka ketika memberi nama itu.
tahun-tahun belakangan makin banyak nama aneh di kampung saya. ketika perang irak-kuwait berkobar beberapa bayi yang lahir bernama sadam husein. ketika perancis juara world cup 98, banyak anak lahir bernama zidan.
lalu banyak pula bayi yang lahir diberi nama mirip-mirip bintang sinetron. jangan heran jika di kampung saya ada 4 anak bernama bella saphira. pun ada anak bernama leonardo solehan. perpaduan yang aneh. itu baru di kampung saya.

di belahan dunia yang lain. kini makin sulit menemukan anak bernama ngatimin, ngadino, sukinem,ngatijah, dasman, atau sudarmo. seperti mahluk langka.

satu ketika, nama-nama lokal tersebut mungkin hanya akan tercatat dalam prasasti sejarah. seperti kita mengenal nama "banyak wide", "ra kuti", "lembu sora", dan sejenisnya.

zaman terus berjalani, nama seperti trend fashion yang berkembang begitu cepat silih berganti. melahirkan perpaduan-perpaduan unik yang kadang anehnya setengah mati.

seperti tetangga dekat rumah, alexis giovanni bin sobirin...

posted by wonka @ 5:06 AM,

0 Comments:

Posting Komentar

<< Home